Cara Menanam Bawang Merah dalam Pot di Pekarangan Rumah untuk Pemula

Loading...

Tanaman bawang merah hanya bisa hidup di daerah dataran rendah. Tanaman bawang merah begitu banyak varietasnya di antaranya ada varietas Keling, varietas Medan, varietas Bima dan varietas Brebes. Tanaman bawang merah ini sangat dibutuhkan sekali biasanya oleh para ibu rumah tangga yaitu digunakan untuk penyedap masakan.

Image result for bawang dalam pot
Proses Persiapan Pembibitan Bawang Merah
Persiapan bibit Bawang Merah merupakan proses awal yang harus dilakukan pada saat akan membudidayakan bawang merah. Bibit bawang merah biasanya hanya dapat dibuat sendiri dengan cara diambil dari tanaman induknya yang sehat dan tidak terserang oleh hama serta penyakit, namun jika ingin lebih praktis sahabat Inspirasi Berkebun bisa beli pada penyedia bibit tenamanan atau toko pertanian. Kami akan member tahu bagaimana ciri-ciri bibit bawang merah yang unggul:

  • Bibit Bawang Merah harus dalam keadaan yang sehat, dan tidak terserang oleh hama serta tidak terserang penyakit. Jika ada umbi yang membusuk, baiknya langsung dibuang saja dan jangan di jadikan bibit.
  • Umur indukan untuk bibit Bawang Merah ialah tanaman yang saat dipanen berumur kurang lebih 100 hari.
  • Pilihlah umbi yang akan Sahabat Inspirasi Berkebun jadikan bibit berkualitas pastikan bibit baik dan jangan dalam keadaan rusak/busuk.
  • Umbi yang akan di jadikan bibit harus seragam, maksudnya umbi yang akan dijadikan bibit harus berukuran sekitar 1,5 cm x 2,5 cm per siung.

Proses Pengolahan Tanah untuk Tanaman Bawang Merah
Tanah yang gembur sangat dibutuhkan oleh tanaman bawang merah, maka dari itu, sebelum proses penanaman akan dilakukan, disarankan tanah dicangkul terlebih dahulu hingga gembur dengan lubang sekitar 20 cm hingga 25 cm. Setelah tanah telah dicangkul hingga gembur, lakukanlah pemupukan terlebih dahulu dengan menggunakan pupuk kandang, cara pemupukan yang benar pupuk kandang dicampur rata dengan tanah yang telah dicangkul tadi.
Proses Penanaman Bawang Merah pada Pot Lahan Terbuka

Musim kemarau adalah waktu yang sangat baik untuk menanam bawang merah. Kebutuhan akan air harus tercukupi walaupun penanaman Bawang Merah pada musim kemarau,. Bibit yang telah disiapkan langsung saja dimasukkan ke dalam lubang yang telah dicangkul tadi dengan menggunakan gerakan seperti memutar baut. 
Saran dari kami pengolahan tanah untuk bawang merah ini Sebaiknya cangkulah dengan pencangkulan yang dalam, kenapa jika pencangkulan tidak dalam? Jika pencangkulan tidak dalam dapat menyebabkan tanaman bawang Merah mudah sekali rebah. 
Proses Pemeliharaan Bawang Merah Harian
Penyiraman
Bibit bawang merah yang telah ditanam, harus disiram dengan menggunakan alat penyiram yang temberatnya halus. Kemudian siram bibit bawang merah dengan porsi hanya satu kali sehari hingga daun yang pertama mulai bertumbuhan. 

Pemupukan
Pupuk kandang digunakan sebagai pupuk dasar selain pupuk kandang tanaman bawang merah juga sangat membutuhkan pupuk anorganik seperti Pupuk SP-36, Pupuk KCl dan Pupuk Urea. Pupuk anorganik sebaiknya diberikan sebanyak dua kali . Untuk pemupukan yang pertama gunakan Pupuk SP-36 kemudian untuk pemupukan yang kedua gunakan Pupuk KCl dan Pupuk Urea.

Hama dan penyakit
Tanaman bawang merah sangat rentan dengan hama dan penyakit. Salah satu hama yang paling sering menyerang adalah hama bodas. Hama bodas biasanya akan menyerang bagian daun pada tanaman bawang merah. Pada bagian daun yang tererang hama biasanya akan timbul berupa bintik-bintik putih. Selain hama bodas, ulat daun juga sangat sering menyerang tanaman bawang merah. Ulat daun ini juga akan menyerang bagian daun seperti hama bodas, jika sudah diserang oleh ulat daun maka bagian ujung dari tanaman bawang merah akan terpotong dan terkulai.

Proses Panen dan Pasca Panen Bawang Merah Mudidaya
Proses Panen bawang merah, pada biasanya bisa dipanen jika umur tanaman sudah berumur 2bulan hingga 3 bulan. Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman yang sudah siap untuk dipanen:
  • Daun Tanaman Bawang Merah akan berwarna hijau kekuningan
  • Tangkai batang Tanaman Bawang Merah akan mengeras
Memanen bawang merah sangat mudah sekali, cukup dengan cara mencabut semua bagian tanaman cukup dengan menggunakan tangan kita. Bawang merah yang telah dicabut kemudian di ikat menjadi satu pada bagian daunnya.

Kemudian Setelah di ikat barulah di jemur dan di pisahkan antara umbi dan daunnya. Setelah di pisahkan kemudian bawang merah langsung dikemas atau disimpan dalam peti kayu yang terdapat ventilasinya agar bawang merah tidak mudah busuk. 

Sumber : merawatbunga. com

Artikel Terkait