HATI-HATI..!!! INI 3 Kebiasaan nge-Charge HP Yang Jarang Banyak Orang Ketahui Tapi Berakibat Fatal.

Loading...

 Smartphone mempunyai segudang " kepintaran " di banding dengan hp basic (fitur phone) yang umum cuma dipakai untuk menelepon serta SMS.

Karena kepintaran itu, smartphone lebih rakus mengonsumsi daya dari baterai. Telephone seluler pintar paling banter cuma bertahan sehari serta wajib di-charge kembali. Tidak sama dengan hp basic yang cukup di-charge satu minggu sekali.




Lantaran intensitas penggunaan serta kerap di-charge bikin baterai smartphone bekerja lebih keras. Karenanya, pemakai direkomendasikan tepat dalam menjaga baterainya supaya lebih tahan lama.

Nah, berikut adalah empat rutinitas tidak baik yang umum dikerjakan pemakai serta wajib disetop supaya baterai hp tak cepat rusak, dirangkum dari beragam sumber.

1. Stop rutinitas gunakan powerbank

Piranti baterai portabel (powerbank) kerapkali jadi penyelamat waktu baterai smartphone " sekarat ". Tetapi, banyak pemakai yang kerapkali isi daya melalui powerbank walau tidak sedang darurat dan sebetulnya amat mungkin memakai perangkat charger.

Hentikan rutinitas nge-charge smartphone seperti itu. Keseringan memakai powerbank dapat membuat ketahanan baterai smartphone menyusut.
Tidak menyerupai charger lewat listrik, powerbank tak seutuhnya mengalirkan daya yang stabil serta sesuai sama spesifikasi smartphone. Ditambah lagi dengan adanya banyak mengedarnya powerbank dengan kwalitas rendah.

Rutinitas jelek lain yang butuh disetop yaitu men-charge smartphone memakai laptop atau PC lewat kabel data. Menyerupai powerbank, arus listrik dari computer tak didesain untuk isi daya smartphone sesuai sama standard.

Jadi mulai saat ini, hanya gunakan powerbank serta computer bila betul-betul dalam kondisi darurat. 

 2. Stop gunakan sembarang charger

Piranti charger smartphone serta tablet Android mempunyai bentuk yang seragam hingga kerap digunakan bertukaran untuk semua perangkat.

Walau sebenarnya, setiap piranti mempunyai charger dengan spesifikasi spesial yang sesuai dengan type piranti serta kemampuan baterainya. Charger piranti tablet umumnya mempunyai ukuran ampere yang semakin besar.

Charger yang tidak cocok spesifikasi dengan cara perlahan-lahan bakal kurangi kemampuan baterai smartphone. Jadi, mulai saat ini janganlah gunakan charger tablet untuk isi baterai hp. Pakai charger orisinal atau yang sesuai sama spesifikasi standard hp Anda. 

 3. Stop nge-charge semalaman

Keadaan ekstrim beresiko buat kesehatan baterai smartphone. Men-charge terus smartphone yang telah penuh dalam tempo lama tidaklah baik. Yang kerap dikerjakan yaitu men-charge hp semalaman.

Smartphone terbaru memanglah telah dilengkapi dengan feature overcharge protection yang melindungi baterai berhenti di isi waktu penuh. Tetapi, sebagian penelitian mengatakan baterai dapat terjaga mutunya bila di isi tidaklah sampai penuh 100 %, cukup hingga 80-90 %.

Jadi, tidak ada kelirunya untuk hentikan rutinitas nge-charge semalaman supaya umur baterai dapat lebih panjang.

Artikel Terkait