Jokowi Janjikan dari Barat ke Timur Pulau Jawa Tersambung Tol Pada Tahun 2019

Loading...


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke wilayah Solo raya selama 2 hari, yakni 15-16 Oktober 2016. Tiba di Solo pada Sabtu (15/10) sore, Jokowi langsung meninjau proyek pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar.


Kepada pelaksana proyek Jasa Marga, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu menanyakan progres proyek pembangunan tol Solo-Kertosono. Tak hanya progres pembangunan tol Solo-Kertosono, presiden juga menanyakan progres pembangunan tol Solo-Semarang dan pembangunan tol trans Jawa.

"Saya melihat perkembangan jalan tol di seluruh Jawa. Kebetulan hari ini saya ingin melihat progres yang Solo-Semarang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono. Dan kalau kita lihat di lapangan, tadi saya tanyakan ke pelaksana, Jasa Marga progres Alhamdulillah tidak ada masalah," ujar Jokowi.

"Kita harapkan untuk pembangunan jalan tol yang Semarang-Solo selesai pada Mei 2018. Kemudian yang Solo-Ngawi akan diselesaikan Oktober 2017. Kemudian yang Ngawi-Kertosono akan diselesaikan nanti pada tahun 2018. Progresnya akan saya ikuti terus dan saya harapkan sambung dari barat sampai ke timur di Pulau Jawa ini kurang lebih tahun 2019, sambung semuanya, Insha Allah," jelasnya lagi.

Jokowi menambahkan jalan tol di pulau Jawa yang dibangun seluruhnya mencapai sepanjang 1200 kilometer. Selain Jawa, Jokowi mengatakan progres pembangunan jalan tol di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi khususnya Manado juga sangat baik.

Terkait banyaknya akses masyarakat yang terputus dan menuntut dibangunnya underpass daripada overpass, Jokowi berjanji akan mengakomodir tuntutan warga. Ia mengaku sudah melihat sejumlah wilayah yang terputus akibat bangunan fisik jalan tol.

"Tadi sudah kita lihat dan kita diskusikan. Itu akan diakomodir tapi akan dihitung teknisnya lagi. Karena kalau sejak awal direncanakan di bawah, itu akan lebih gampang, wong biayanya juga hampir sama. Dari sisi estetika saya kira juga lebih bagus di bawah, tadi sudah saya perintahkan," pungkasnya.[pm]

Artikel Terkait