Tips Menyimpan Santan Agar Tahan Lama Bisa 6 Bulan Lho!!

Loading...

Terkadang kita memiliki kelebihan santan dan bingung mau dibuat apa. Bahkan tak jarang kita buang begitu saja, karena santan menjadi basi jika disimpan dalam waktu yang lama.


Padahal kita sama - sama tahu kalau hal tersebut adalah mubazir, untuk itu kali  tips menarik agar kita tidak gampang membuang santan sisa di rumah.

Perlu kita ketahui definisi santan terlebih dahulu. Santan merupakan cairan yang dihasilkan dari perasaan kelapa yang sudah di parut. Seringnya santan ini digunakan untuk bahan makanan seperti sayur, kolak, rendang, es dawet, dan masih banyak yang lainnya. 
Tips Menyimpan Santan
Tak banyak yang tau bahwasannya santan dapat memberikan efek yang baik bagi Anda yang seringkali terkena anemia. Zat besi yang terkandung pada santan mampu untuk menambah darah. Selain sangat bagus dalam penambah darah, ia juga bagus untuk pertumbuhan tulang terlebih pada masa kembang anak-anak. Santan nyatanya mengandung kalsium serta zat kapur yang berguna dalam pembentukan tulang, disebut dengan fosfor.

Selain itu santan juga bagus untuk menjaga sistem imun tubuh. Mengapa demikian? Karena santan kaya akan vitamin C yang baik dalam menjaga kondisi tubuh. Satu lagi yang bermanfaat ialah santan mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dikarenakan anti oksidan yang baik.

Selain hal - hal di atas masih banyak lagi manfaat santan bagi tubuh kita, Oleh sebab itu sangat di sayangkan jika kita membuang - buang santan secara sia - sia. Untuk itu kita buang kebiasaan buruk itu dan simak Tips Menyimpan Santan  di bawah ini..


Cara menyimpan santan agar awet :
  • Pertama - tama rebus santan hingga mendidih, tapi jangan lupa tetap di aduk - aduk terus, agar santan tidak menjadi pecah
  • Sambil mengaduk, jangan lupa tambahkan juga sedikit garam
  • Lalu setelah mendidih angkat dan tunggu hingga menjadi dingin
  • Setelah benar - benar dingin, masukkan santan ke dalam plastik lalu kuncir atau tuang ke dalam wadah yang kedap udara
  • Lalu simpan di dalam frezeer
Demikian Tips Menyimpan Santan  nya semoga dapat menginspirasi dan dapat bermanfaat ya, dan santan yang di awetkan ini bisa bertahan selam 6 bulan lo,,, selamat mencoba

Artikel Terkait