Wah! Ternyata Inilah Fungsi Sebenarnya dari Cermin Cembung di Bagian Atas Mesin ATM

Loading...

 Pernahkah Anda menyadari fungsi dari kaca cembung di atas mesin ATM yang sebenarnya?Ternyata bukan sekedar untuk bercermin dan melihat bagaimana penampilan anda.

hsf98va8bgcpb8ev6u1j
Mungkin semua orang sudah mengetahui soal fungsi utama dari mesin ATM. Anda juga tahu soal penggunaan serta cara kerjanya.
Tapi pernahkah bertanya-tanya soal fungsi dari kaca cembung yang ada tepat di atas mesin pengambilan uang otomatis ini?
Soal kaca cembung di atas mesin ATM, biasanya kaca cembung digunakan di kendaraan. Atau kebanyakan di tempatkan di persimpangan jalan. Ini demi menciptakan sebuah pandangan yang luas.
Seperti dilansir dari Wittyfeed,rupanya hal itu pula diaplikasikan pada mesin ATM. Kaca cembung bukan hanya sekedar untuk bercermin semata.
Itu agar Anda bisa mengontrol situasi di sekeliling saat mengambil uang. Terutama saat memasukkan nomor PIN.
Dengan adanya kaca cembung itu Anda bisa memastikan tidak ada yang mengintip saat Anda memasukkan nomor PIN dan mengambil uang. Sehingga akan bisa mengurangi atau mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi saat anda berada di mesin ATM
Dalam sejarahnya, pertama kali mesin ATM dipasang di Enfield Town, London. Mesin pertama kali dipasang pada tahun 1967.
ATM dikenal sebagai Automated Teller Machine. Atau di Indonesia singkatan ini jadi Anjungan Tunai Mandiri.
Lalu pernahkah Anda bertanya mengapa PIN dari ATM minimal terdiri dari empat digit ? Itu karena pencipta mesin ATM menderita dyscalculia. Atau gannguan karena  tidak bisa mengingat angka lebih dari empat digit. Sehingga dia memutuskan hanya menetapkan sampai empat digit saja.
Walaupun saat ini sudah kian berkembang dengan penambahan sampai enam digit.
Dilain sisi, pernahkah juga bertanya apa yang akan terjadi jika mesin ATM itu dicuri dan dibawa pergi oleh pelakunya ? ATM datang dan dipasang lengkap dengan teknologi GPS Builtin. Itu memungkinkan ATM tidak akan pergi jauh dan lama. Karena pihak bank bisa mencari dan tahu posisi ATM itu. Sehingga pencuri akan dengan cepat tertangkap.
Bicara soal pencurian, di Brazil sudah mengantisipasi hal itu terlebih dahulu. Mereka disana tidak percaya terhadap PIN. Disana mereka menggunakan sidik jari dan biometrik untuk mengakses rekeningnya.
Nah semoga informasi ini bisa membuat anda semakin bijak dalam menggunakan mesin ATM. Selalu waspada saat berada di ATM karena memang kejahatan bukan hanya karena adanya niatan dari pelaku, namun juga karena ada kesempatan.
Waspadalah… Waspadalah!

 

Artikel Terkait