Wow... Mengejutkan !! Ternyata BPJS KESEHATAN: Klaim Setahun Bisa Tembus Rp37 Triliun

Loading...

Klaim yang dibayarkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan diproyeksikan dapat mencapai Rp36 triliun - Rp37 triliun pada tahun pertama badan tersebut beroperasi pada 2014.
 
Direktur Hukum dan Hak BPJS Kesehatan yang hingga akhir tahun 2013 menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Askes (Persero) Purnawarman Basundoro mengatakan total perolehan premi BPJS Kesehatan pada 2014 diperkirakan mencapai Rp38 triliun atau melompat hampir empat kali lipat dari perolehan premi Askes sepanjang 2013 sebesar Rp10 triliun.
Dari total premi yang diperoleh tersebut, ujarnya, proyeksi nilai klaim yang mungkin dibayarkan oleh BPJS Kesehatan dapat mencapai Rp36 triliun - Rp37 triliun atau meningkat empat kali lipat dibandingkan pembayaran klaim oleh Askes pada 2013 yaitu Rp8,7 triliun.
"Jumlahnya jauh lebih besar ya karena ada tambahan peserta. BPJS Kesehatan tidak hanya mengelola yang tadinya peserta Askes tetapi juga Jamkesmas dan lainnya," ujarnya kepada Bisnis usai peluncuran BPJS Kesehatan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bogor pada Selasa (31/12/2013).
Menurut Purnawarman ada berbagai cara yang dilakukan BPJS Kesehatan dalam menghimpun premi dari peserta. Selain menerima pembayaran melalui bank-bank pelat merah, BPJS Kesehatan juga akan turun langsung menghimpun premi ke masyarakat.
"Kami collect data ke peserta, kami datangi," ujarnya.
Dalam menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional, pihaknya juga membuka peluang kerjasama dengan perusahaan asuransi komersial melalui produk coordination of benefit (POB) atau koordinasi manfaat.
Jenis produk tersebut dikeluarkan untuk melayani kebutuhan para peserta BPJS Kesehatan yang menginginkan pelayanan lebih dari standar pelayanan dasar yang ditawarkan BPJS Kesehatan.
"Bagi peserta yang ingin lebih, dapat beli produk COB tadi di asuransi komersial yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," katanya.
Hingga saat ini, pihaknya masih menjajaki peluang kerjasama COB tersebut. "Preminya akan disetorkan oleh asuransi komersial ke BPJS Kesehatan kemudian nanti kalau ada klaim akan dimintakan juga oleh asuransi komersial ke BPJS. Tapi hal itu sesuai dengan kesepakatan," katanya. (jibi/fsi)
SUMBER :http://bandung.bisnis.com/read/20140101/34231/476625/bpjs-kesehatan-klaim-setahun-bisa-tembus-rp37-triliun

Artikel Terkait